Monday, December 17, 2012

Mobil Parkir Sembarangan, Bikin Macet Palembang


Palembang – Amburadulnya sistem parkir mendapat sorotan tajam Fraksi PBR DPRD Kota Eddy Santana Putra Palembang. Akibatnya, macet terjadi di sejumlah titik. Solusinya, perlu penambahan lahan parkir.

Juru bicara Fraksi PBR DPRD Palembang Hidayati Kolubi, pada rapat paripurna DPRD Palembang, Kamis (24/11), dengan lantang mengatakan, saat ini, 80 persen perparkiran di Palembang menggunakan bahu jalan. Ini yang sering menjadi penyebab macet.

“Salah satu solusinya, Pemko harus mempunya sistem parkir, karena jika tidak, Kota Palembang akan tetap mengalami kemacetan setiap harinya. Kondisi ini sudah sangat urgent sekali,” ucap Hidayati saat membacakan pandangan umum Fraksi PBR di hadapan semua anggota DPRD Kota Palembang dan Wakil Walikota Palembang Romi Hertom.

Lantangnya suara Hidayati sempat membuat hadirin tercengang. Beberapa anggota yang tadinya berbisik-bisik, langsung terdiam dan seksama mendengarkan pandangan Fraksi PBR terhadap rancangan APBD 2012.

Hidayati juga menjelaskan, seharusnya sejak dulu Pemko sudah menyediakan areal parkir yang memadai. Jika itu dilakukan, paling tidak ada dua manfaat, yakni mengurangi kemacetan serta penarikan retribusi parkir lebih tertib dan optimal.

Kebocoran di sana-sini bisa ditanggulangi.
Secara umum, dari delapan fraksi, rata-rata sorotan parkir dan minimnya anggaran kesehatan untuk penduduk miskin menjadi satu hal yang mesti diubah Pemko.

“Selama SEA Games kawasan Sudirman yang bebas parkir mampu atasi kemacetan, mengapa kondisi seperti itu tidak dipertahankan saja, retribusi parkir juga akan lebih tertib,” kata Zukri Zen, juru bicara Partai Gerindra.

Poin ini dibacakan sebagai poin utama. Kondisi ini kontras dengan penurunan target retribusi parkir dalam R-APBD 2012, padahal terjadi penambahan jumlah titik parkir dan pertumbuhan kendaraan, mobil dan motor juga semakin banyak.

“Jadi jelas persoalan parkir masih menjadi kendala, padahal jika bisa ditata dengan baik, target retribusi bisa dinaikkan,” katanya.

Sementara Wakil Walikota Palembang Romi Hertom mengaku maklum. “Fraksi rata-rata menerima R-APBD yang kita ajukan, memang banyak sorotan bidang kesehatan dan pendidikan, tapi itu juga sudah jadi skala prioritas kita, jadi tidak ada masalah,” kata Romi.

Tentang parkir, Romi mengaku tengah menyiapkan formula khusus untuk penanganan parkir bahu jalan.

“Kita masih cari solusi terbaik tentang masalah itu,” katanya. [ipe]

Sumber: Mobil Parkir Sembarangan, Bikin Macet Palembang